Selasa, 12 Oktober 2010

Sistem Informasi Berbasis Komputer

Sistem informasi berbasis computer
Usaha awal untuk menerapkan computer dalam area bisnis terfokus pada data. Selanjutnya, penekanan pada informasi dan pendukung keputusan. Sekarang komunikasi dan konsultasi mendapat perhatian yang paling besar. Selama paruh pertama abad ke -20, saat punched card dan keydreven bookkeeping manchines berada dalam masa jayanya, perusahaan pada umumnya mengabaikan kebutuhan informasi para manajer. Praktek ini diteruskan dengan computer generasi pertama yang terbatas untuk aplikasi akuntansi. Nama yang diberikan untuk aplikasi akuntansi berbasis computer adalah pengolahan data elektronik (EDP).
EDP tidak lagi popular dan telah disingkat menjadi data processing (DP). Kita menggunakan istilah Sistem Informasi Akuntansi (SIA) untuk menggambarkan system yang memproses aplikasi pengolahan data perusahaan.
SIM dimaksudkan untuk menyediakan informasi pemecahan masalah bagi sekelompok manajer secara umum, sedangkan DSS dimaksudkan untuk mendukung satu orang manajer secara khusus. Kita memandang SIM sebagai suatu system penghasil informasi yang mendukung sekelompok manajer yang mewakili suatu unit organisasi seperti suatu tingkat manajemen atau suatu area fungsional. Pada saat DSS berkembang, perhatian juga difokuskan pada aplikasi computer yang lain yaitu, otomasi perkantoran(Office Automation) atau “OA”. Otomatisasi kantor dimulai pada tahun 1964 saat IBM mengumumkan produknya, yaitu magnetic tape/selectric typewriter, yaitu mesin ketik yang dapat mengetik kata-kata yang dapat direkam dalam pita magnetic. Operasi pengetikan ini mengarah pada aplikasi otomasi perkantoran yang disebut pengolah kata(word processing). Otomatisasi kantor telah berkembang meliputi aplikasi seperti konferensi jarak jauh (teleconference), voicemail, surat elektronik, electronic kalender, Faximile transmission, dan desktop publishing.
Saat ini sedang berlangsung gerakan menerapkan kecerdasan buatan (artificial intelegence) atau AI. AI adalah bahwa computer dapat deprogram untuk melaksanakan sebagian penlaran logis yang sama seperti manusia. Bagian khusus AI adalah system pakar (expert system) yang mendapat perhatian paling banyak. Sisterm pakar adalah suatu system yang berfungsi sebagai seorang specialist dalam suatu area.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar