Kamis, 30 Desember 2010

Cara agar sukses menabung

Cara terbaik adalah dengan membuat proses peyisihan itu sendiri terjadi diluar kendali Anda, dengan kata lain jadikan hal yang otomatis.
Coba buat instruksi debit otomatis dari rekening penerima gaji ke rekening investasi yang dimaksud. Untuk pemula, jumlahnya cukup 2% dari penghasilan rutin Anda. Kemudian, setiap 6 bulan sekali lakukan peningkatan persentase penyisihan hingga target 30 % dari penghasilan rutin dapat tercapai.
Jika Anda menerima penghasilan yang sifatnya non-rutin, ibarat rezeki durian runtuh, gunakan hal ini untuk melunasi seluruh utang yang dimiliki. Bila tidak ada utang, maka gunakan 50% untuk investasi. Porsi 50% nya lagi tentu saja digunakan untuk senang-senang.

Penyesuaian Taraf Hidup

Namun, bagaimana jika Anda sudah menyisihkan penghasilan tetapi sisa uang ternyata tidak cukup untuk membayar biaya hidup rutin? Anda punya dua pilihan.
Pertama, lakukan penyesuaian taraf hidup. Coba lakukan penghematan disana dan disini. Istilahnya kalau orang mau potong rambut, dicepak kanan-kiri-atas-bawah. Masing-masing keluarga tentu memiliki prioritas yang berbeda-beda tentang kebutuhan hidupnya. Apapun itu, Anda harus dapat melakukan penyesuaian, jika ingin menjalani hidup yang lebih sejahtera hingga masa pension.

Kedua, cari penghasilan tambahan,

Tetapi jalani hidup seakan penghasilan tidak bertambah. Jadi, dengan taraf hidup yang sama, Anda bisa menyisipkan untuk tabungan dan investasi.
Apa pun cara yang dapat Anda jalankan untuk membayar diri sendiri terlebih dahulu, jalankanlah!

Tidak ada kata terlambat untuk mengubah kebiasaan menjadi lebih baik.
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar